Saturday, February 8, 2014

Cara Menghilangkan Folder “Thumbnails” Yang Menghabiskan Memori Internal di Handphone Android

Assalamualaikum...

Oke sob, dah lama nih ga bikin postingan. Dan kali ini Ane mo berbagi tips, cara menghilangkan folder Thumbnails yang terdapat di handphone Android.

Awalnya Ana mengalami sendiri masalah yang satu ini, di mana di dalam folder DCIM, yaitu folder tempat tersimpannya file-file foto hasil jepretan handphone android terdapat folder “Thumbnails” yang berisi icon-icon kecil dari foto yang terdapat di folder DCIM tadi. Fungsi dari folder thumbnails ini adalah untuk menyimpan icon kecil foto yang berukuran nyata dari folder DCIM, pengaruhnya sendiri, jadi akan mempercepat proses membuka galeri, terutama foto-foto yang tersimpan di handphone. Tentu bukan sebuah masalah jika hal itu terjadi, malah akan membuat kinerja handphone menjadi lebih cepat. Namun akan menjadi masalah jika folder thumbnails tadi malah “memakan” memori internal yang sangat besar. Bayangkan saja, folder ini bisa berukuran sampai ratusan Megabyte. Padahal memori yang tersedia sudah terbatas untuk menyimpan data lain, seperti Ike musik atau yang lainnya. Dan cara termudah yang bisa dilakukan untuk menghilangkan folder ini adalah dengan menghapusnya.

Lalu, apakah pengaruhnya sendiri jika folder tumbnail ini di hapus? Ya tentu saja akan memperlambat proses pembukaan foto-foto pada galeri. Walaupun tidak begitu terlihat perbedaan pada proses, namun untuk menghemat ruang penyimpanan, cara ini sangat ampuh untuk dilakukan. Namun ada masalah lain, folder thumbnails ini akan seketika muncul lagi saat kita membuka foto-foto di galeri, yang kemudian akan menghabiskan memori lagi. Dan yang biasa bisa dilakukan adalah hanya menghapus folder ini lagi, lagi dan lagi.


Alhamdulillah, Allah memberi manusia mata untuk melihat dan otak untuk berfikir, dan itulah yang Ane lakukan, berbekal dua hal mendasar tadi, ane membaca-baca artikel di Wet, atau sekedar postingan berupa keluhan yang dialami oleh pengguna handphone android di grup-grup facebook. Dan hasilnya, di android ane sudah tidak ada lagi folder yang bernama “Thumbnails”.

Bagaimana caranya?? Jadi ane tidak perlu lagi melakukan penghapusan folder tadi, cukup menyisipkana sebuah file yang berekstensi .THUMBNAILS di dalam folder DCIM. Dan hasilnya, folder thumbnails pun sirna tak berbekas, selama Ike tadi masih ada di folder DCIM.

Untuk Ike nya, kalian bisa download di SINI, atau Di Sini... :D

Untuk cara pemakaiannya, harus menggunakan kompi/lepi, berikut adalah langkah-langkahnya:
1. Download dulu file tadi
2. Colokkan kabel data antara android yang kalian punya dengan kompi/lepi.
3. Ekstrak Ike yang berbentuk .ZIP tadi di komputer kalian.


4. Kemudian copas file yang telah diubah namanya tadi ke dalam folder DCIM di android kalian.
5. Selesai. Dan folder thumbnails yang menghabiskan memori yang sangat besar tadipun tidak akan muncul       lagi.
6. Cabut HH!

Itu tadi kalau mengubah menggunakan PC/lepi, nah bagaimana jika hanya menggunakan HH saja? Hampir sama dengan cara di atas, caranya:
1. Kalian bisa menggunakan Root Explorel.
2. Ekstrak file ZIP yang sudah di download.
3. Ubah nama file “thumbnails” dengan menambahkan tanda ‘titik’ sehingga namanya menjadi “.thumbnails”.
4. Jika sudah, sekarang pindahkan file yang sudah diubah namanya tadi ke dalam folder DCIM seperti yang       tampak pada gambar di bawah. J



Oke sob, mungkin itu dulu yang bisa ane share tentang tips memaksimalkan smartphone kalian. Maaf jika mungkin ada salah-salah tulis. Semoga bermanfaat buat kalian.

Wassalamualaikum... J