Tuesday, July 22, 2014

Trigonometri, sinus cosinus, dan tangen

ntermezzo singkat TRIGONOMETRI

      Apa yang anda di pikiran anda jika mendengar kata trigonometri? bagi sebagian orang awam khususnya pelajar yang belum masuk ke jenjang SMA mungkin akan awam dengan bab yang satu ini. Dan bagi para siswa yang sudah duduk di jenjang SMA dan program ipa sudah tak asing lagi dengan bab yang satu ini, memang trigonometri diajarkan di dalam mata pelajaran matematika dan pembelajaran dasar terdapat di kelas X SMA. Trigonometri merupakan cabang ilmu matematika yang mempelajari tentang perbandingan segitiga beserta sudutnya. Trigonometri sendiri berasal dari bahasa yunani yaitutrigonon : tiga sudut dan metro : mengukur. Jadi sudah jelas bila trigonometri merupakan pelajaran mengukur sudut.
    Awalnya trigonometri berasal dari zaman mesir dan babilonia serta peradaban lembah sungai indus, lebih dari 3000 tahun yang lalu matematikawan asal india lagadha merupakan perintis perhitungan aljabar yang digunakan untuk menghitung astronomi dan trigonometri. Bukti bahwa lagadha adalah seorang perintis dimuat dalam bukunya sendiri yaitu jyotisha dan vedanganamun karyanya itu telah hancur oleh penjajah india. Setelah itu pada tahun 150 SM matematikawan asal yunani hiparrcus menyusun tabel trigonometri, begitu juga dengan ptolemyIa meneruskan penghitungan trigonometri. Lalu matematikawan silselia bartholomeus pitiskus menerbitkan sebuah karya mengenai trigonometri yang berpengaruh hingga saat ini pada tahun 1595. 


    Taukah anda mengenai segitiga diatas?

    Gambar diatas merupakan Konsep awal trigonometri, dapat dilihat bahwa didalam segitiga siku-siku 90 derajat terdapat sudut - sudut ya
ng mengapitnya. ya, SINUS, COSINUS dan TANGEN, apa itu sinus cosinus dan tangen? mereka adalah sudut yang berada didalam segita siku -siku dengan perbandiingan sisi - sisinya. 

    Nah, lewat gambar diatas kalian dapat mengetahui perbandingan. SinCosTan. Alfa pada gambar diatas berada pada titik A, sisi depan, samping dan miring bergantung pada alfa. Sisi depan ialah sisi yang berada didepan alfa, begitu seterusnya dengan samping dan miring. Penamaan sisi samping depan dan miring juga bisa diganti dengan proyektum untuk sisi miring,proyektor untuk sisi depan dan proyeksi untuk sisi samping.Perbandingan tersebut merupakan hal dasar dalam mempelajari trigonometri, jadi kita harus menghapalnya. Banyak cara menghapal, kalian bisa menghapal dengan cara seperti ini :

SAMICOS      :  samping, miring, cosinus
DEMISIN       :  depan, miring, sinus
DESATAN      :  depan, samping, tangen.

atau bisa juga dengan cara seperti ini.

TORTUMSIN  :   proyektor, proyektum, sinus
SITUMCOS    :   proyeksi, proyektum, cosinus
TORSITANG  :   proyektor,proyeksi, tangen.

mudah bukan?
    Trigonometri akan menjadi mudah kalau kita mempelajarinya dengan seksama namun santai, beban dalam mencerna pelajaran akan menghampat pelajaran tersebut dicerna oleh otak. 
    kawan - kawan, perbandingan sudut yang ada di dalam trigonometri bukan hanya sinus, cosinus dan tangen. Tetapi juga terdapat secan, cosecan dan cotangen, bagaimanakah perbandingan sudut mereka? simak gambar dibawah ini.