Mari belajar bersama, bagaimana cara mengatur material Vray menggunakan 3ds max. Untuk material dasar seperti besi, chrome, emas, kaca bening, cermin, cat mobil, plastik, meja, tidaklah sulit. seperti apa langkah-langkahnya, baca artikel ini sampai selesai... hehe
Pada dasarnya material Vray hanya mengaturReflection, Refraction, Glossiness, Subdivision, dan Texture (opo kuwi reflection refaction subdivion?)... hehe. Supaya apa yang aga jelaskan nanti bisa dipahami, mari bersama-sama memahami arti istilah diatas.
Oke... sudah paham kan? kalo belum paham dibaca lagi, kalo masih belum paham juga, langsung lanjut baca aja deh, nanti juga ngerti maksudnya... hehe.
oh iya... kalo yang belum bisa pakai Vray 3ds Max silahkan buka tutorial Setting Realistic Render Menggunakan Vray 3ds Max. Di dalamnya aga jelaskan bagaimana cara memulai render menggunakan Vray.
Langsung aja deh... tar lama-lama malah bikin bosen. hehe. Jangan lupa install dulu Vraynya, trus buka deh 3ds Maxnya. Kalo belum punya Vray yang gratis, download dulu cari di mbah google. Dalam tutorial ini aga menggunakan Vray 1.5 SP2 kalau anda pakai yang Vray 2.0 sama aja kok.
1. Buka render setup (F10), cari Assign Renderer, ubah menjadi V-Ray.
2. Buka Material Editor (M), kemudian ubah dari standard menjadi Vray Material (VRayMtl). Caranya lihat gambar di bawah.
3. Sekarang aga akan mencoba membandingkan berbagai macam setingan Reflection Vray 3ds Max.
a. Aga ubah warna reflection menjadi hitam, abu-abu, dan putih. (semakin putih maka semakin memantul seperti cermin).
Untuk perbandingan aga berikan 3 contoh (1) Value : 0 , (2) Value : 100 , (3) Value : 255.
*klik gambar untuk memperbesar
warna reflection |
b. Sekarang aga gunakan warna reflection putih (value: 255), aga akan ubah nilai Refl. glossiness. Sebagai perbandingan aga ubah menjadi (1):1.0 , (2):0.85 , (3):0.75 .
reflection glossiness |
c. Untuk materi terakhir tentang reflection, aga gunakan warna reflection putih (value: 255) dan nilai Refl. glossiness : 0.8. aga akan ubah nilai Subdivs menjadi (1):8 , (2):16 , (3):32
catatan : Semakin besar nilai subdivs maka semakin halus dan semakin lama proses rendernya.
subdivision reflection |
Silahkan bereksperimen untuk membuat berbagai macam material yang menggunakan Reflection.
4. Sekarang berpindah ke bagian Refraction. Seperti yang aga jelaskan diatas, aga kan menggunakan perbandingan supaya mudah dipahami nilai-nilai yang digunakan.
a. Aga akan mengubah warna refraction menjadi hitam, abu-abu, dan putih. Lihat gambar supaya lebih jelas.
Sebagai perbandingan aga gunakan value (1):0 , (2):170 , (3):255. (semakin putih maka semakin transparan)
warna refraction |
b. Sekarang aga gunakan warna refraction putih (255) dengan mengubah nilai Glossiness menjadi (1):1.0 , (2):0.95 , (3):0.85
glossiness refraction |
c. Terakhir untuk Reflection aga akan menggunakan warna refraction putih, nilai glossiness 0.9 dengan mengubah nilai Subdivs menjadi (1):8 , (2):16 , (3):32
catatan : Semakin besar nilai subdivs maka semakin halus dan semakin lama proses rendernya.
subdivision refraction |
Sekarang sudah paham kan nilai-nilai yang harus diubah untuk mendapatkan setingan material yang diinginkan. Anda bisa menggabungkan antara Reflection dan Refraction untuk menghasilkan sebuahmaterial yang sesuai dengan kenyataan.
5. Sekarang aga akan membandingkan setingan BRDF yaitu phong, blinn dan ward. Aga menggunakan warna reflection abu-abu (200) , glossiness:0.9 , subdivs:16. (1)phong , (2)blinn , (3)ward
brdf vray material |
6. Untuk texture gunakan maps masukkan diffuse untuk warnanya dan bump untuk efek timbul.
sebagai perbandingan bump, aga berikan nilai bump (1):0 , (2):50 , (3):100 .
texture dan bump |
Cukup sekian saja yaa tutorial tentang bagaimana cara setting material vray 3ds max. Untuk parameter yang lainnya silahkan dicoba-coba sendiri. Kalo aga jelaskan satu persatu capek juga, hehe.
Kalau ada kesalahan dalam penulisan atau kurang tepat dalam mendeskripsikan mohon maaf dan mohon koreksinya yaa. Karena aga belajar sendiri, jadi apa yang aga jelaskan di atas hanya menurut pengertian aga saja, gak tau deskripsi secara teoritisnya seperti apa. Hehe
Oke deh... selamat mencoba dan selamat belajar... :)