Tuesday, August 24, 2010

Teknik Menyelesaikan Masalah Dengan Metode mentalism

Wiku Magic :

Mentalism adalah sebuah seni tingkat tinggi dengan berbagai kompleksitas di dalamnya. Seorang mentalist yang sangat menguasai bidangnya tidak hanya mampu menggunakan ilmunya untuk menghibur audiens, namun juga untuk menyelesikan masalahnya. Dalam contoh kali ini, saya akan menunjukkan suatu fakta tentang bagaimana seorang Master Mentalist menghadapi masalah dan menyelesaikannya dengan cara seorang mentalis sejati.

This is the story......

Pada tahun 2004 lalu, tepatnya tanggal 27 November, salah satu magician terbesar di Indonesia menghadapi suatu masalah yang cukup berat. Deddy Corbuzier dituntut dan disidang oleh sekelompok magician di forum magic internasional, "Magic Cafe". Masalah yang diangkat juga cukup krusial, yaitu
menyangkut kemiripan penampilan antara Deddy Corbuzier dan Max Maven. Dialog lengkapnya dapat anda lihat di SINI , Deddy Corbuzier menggunakan username "mindgames" (hingga tulisan ini dibuat).Terlepas dari benar atau salah tindakan yang telah dilakukan oleh sang Master Mentalis, kali ini kita akan mempelajari metode yang ia lakukan untuk menyelesaikan masalahnya.




Singkat cerita, Deddy Corbuzier menerima banyak serangan dan kritikan, bahkan hinaan pedas dari anggota Magic Cafe. Kritikan tersebut disampaikan dalam berbagai macam cara; ada yang cukup sopan, ada yang dalam bentuk sindiran, bahkan ada yang berupa hinaan. Bagaimana sang master menyelesaikan masalahnya?


1. Control yourself...



Apa respon Deddy Corbuzier menanggapi kritikan tersebut? Yang pertama ia lakukan adalah menjawab masalah yang ia hadapi selogis mungkin. Alih-alih balik marah dan mengeluarkan hinaan, ejekan, dan makian kasar, DC menghadapi semua itu dengan kepala dingin. Ia mengawali responnya dengan kata "Dear All friend" dan mengakhirinya dengan kata "Thanks....". Argumen-argumen yang ia keluarkan sangat logis dan santun, sangat jauh dari kesan berapi-api atau emosional.
Seorang mentalis sejati memang harus mampu mengontrol pikiran, hati, dan lidahnya sebelum ia belajar memanipulasi dan membaca pikiran orang lain. Jika anda belum bisa mengenali dan mengendalikan diri anda sendiri, jangan harap mampu menguasai pikiran orang lain.




2. Use your brain




Jika anda sudah bisa menguasai diri anda, maka anda bisa mengoptimalkan otak dan akal sehat anda untuk menyelesaikan masalah. Deddy Corbuzier menjawab kritikan para penyerangnya dengan argumen yang sangat logis :
" I realize that some magician or mentalist got trouble with my look. (not all
since I have been working with many of BEST international magician that got no
problem with the look. see my website for info for TV show with them)
it is funny I think, since we knew that many dancer look like Michael jackson to
details but it didn't disturb Michael himself. but it disturb many magician with
my looks. "
(Posted: Nov 28, 2004 3:04am )


Di saat berbagai tekanan menghimpit, seorang mentalis mungkin akan menutup mata, telinga, hidung, dan indra perasanya; namun, ia tak akan pernah membiarkan otaknya berhenti bekerja. Itulah yang mengakibatkan seorang Master Mentalis tetap bisa melakukan berbagai aktivitas magic (contoh : mengendarai kendaraan, menyelamatkan korban, berlomba dengan waktu, dan sebagainya) walaupun matanya ditutup oleh blindfold.




3. Being a gentleman


Ketika anda menyadari bahwa anda telah melakukan suatu kesalahan ataupun membuat orang lain terluka, jangan pernah ragu untuk meminta maaf. Hal yang sama dilakukan oleh Master DC di forum Magic Cafe, di mana ia tidak hanya meminta maaf, namun juga berlapang dada untuk menerima segala macam kritikan dan celaan yang ditujukan kepadanya.
"I'm so sorry if my looks is really is that close to him, and I'm so sorry if it
disturb Max or some mentalist in the world.
And I take it easy if some of you really want to make jokes with my image or even saying bad thing about me.
Trust me, ill take it easy. And I will not make it big deal at all. (it probably
my fault so I will take it)
Thanks for sharing, I take it easy and I will try my best to think of it."


Ketika anda meminta maaf, sebenarnya anda telah satu langkah lebih dekat untuk menyelesaikan masalah. Masalah anda akan terasa jauh lebih ringan, beban berat terangkat, dan segala kekusutan akan terurai. Jangan pernah ragu untuk meminta ataupun memberi maaf.




4. Konsisten


Saat anda sedang mengejar mimpi anda dan tiba-tiba menemui sebuah rintangan, apa yang akan anda lakukan? Apakah anda akan berbalik mundur dan bersembunyi di liang anda? Setidaknya, seorang Deddy Corbuzier tidak akan melakukan hal itu.
"I do have a good carrer now, really good if I may say so, I have my own
Production House, Etc
as for Int Magician That work with for me, yes some of
them ask me if I will change the image one day or not, some of them tell its ok
and go with it just like in the forum now..."(
Posted: Nov 29, 2004 12:3)


Jika saat itu Deddy merasa terluka dan mengundurkan diri dari dunia entertainment, akan banyak hal yang hilang. Tak akan acara The Master, tak akan ada Master Mentalis, dan dunia magic Indonesia tidak akan mengalami perkembangan seperti saat ini. Jadi, jika anda memiliki sebuah mimpi, jangan pernah berhenti untuk menggapai mimpi itu. Tetap konsisten untuk memperjuangkan mimpi anda, dan jangan pernah gentar untuk menghadapi rintangan seberat apapun.


Tujuan saya selaku author blog Wikumagic menulis artikel ini adalah untuk menunjukkan bahwa mentalism bukan hanya sebuah hiburan, namun juga suatu metode yang dapat digunakan untuk menghadapi kehidupan. Master Deddy Corbuzier telah memberikan contoh yang sangat baik, dan kita bisa belajar banyak darinya. Jadi, jika anda merasa diri anda adalah seorang mentalis sejati, selesaikan setiap permasalahan yang anda hadapi dengan jalan pikiran seorang mentalis. Solve every single problem in a cool way, in the way of magic!