Thursday, August 12, 2010

Mengenal Fungsi-fungsi Dalam Microsoft Excel (Bagian 1)



Seperti yang kita ketahui, banyak sekali program-program aplikasi yang mengolah data-data numerik atau lebih sering disebut datasheet yang dapat digunakan untuk mengelola data keuangan dan segala sesuatu yang berhubungan dengan angka. Salah satunya adalah program keluaran Microsoft yaitu Excel. Bagi para pengguna komputer, terlebih lagi para pekerja kantoran yang sering menggunakan program Microsoft Office pasti sudah tidak asing lagi dengan Excel. Namun sepertinya masih belum banyak yang mengetahui, bahwa Excel bukan hanya bisa digunakan untuk menjumlah, mengurangi dan membuat tabel agar laporan lebih terlihat rapi, namun
Excel dapat juga digunakan untuk mengelola database seperti layaknya program-program aplikasi yang memang khusus dibuat untuk mengelola database. Hal ini karena Excel didukung dengan fungsi-fungsi yang mendukung yang menjadikan Microsoft Excel menjadi lebih powerfull. Pada tips & trik kali ini mari kita coba untuk membahas bebrapa fungsi seperti yang disebutkan dibawah ini. Pada Setiap pembahasan fungsi akan disertakan contoh penggunaan fungsinya. Dan pada pembahasan selanjutnya akan dijelaskan bentuk penggunaan fungsi-fungsi tersebut untuk mengolah database.

Fungsi-fungsi yang kita bahas kali ini adalah:
1. Fungsi VLOOKUP
2. Fungsi SUMIF
3. Fungsi IF
4. Fungsi ISERROR
VLOOKUP
Fungsi ini digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format tegak atau vertikal. Syarat penyusunan tabel, data pada kolom pertama harus berdasarkan urutan dari kecil ke besar. contoh adalah urutan dari 0,1,2.... atau huruf A-Z. Jika Anda menyusun data secara acak, urutkan data dengan mengaktifkan menu DATA-SORT, pilih ASCENDING.
Bentuk penulisan fungsi = VLOOKUP(LOOKUP_VALUE;TABLE_ARRAY;COL_INDEX_NUM)













                                                                     
SUMIF
Fungsi ini digunakan untuk menjumlahkan data numerik pada suatu range sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.
Bentuk penulisan fungsi = SUMIF(RANGE;CRITERIA;SUM_RANGE)











                                                                     
IF
Fungsi ini digunakan untuk melakukan pengujian kebenaran suatu kondisi
Bentuk penulisan fungsi = IF(LOGICAL_TEST;VALUE_IF_TRUE;VALUE_IF_FALSE)





                                                                    
ISERROR
Fungsi ini digunakan untuk melakukan pengujian terhadap nilai yang salah (#N/A, #VALUE, #REF!, #DIV/0!,#NUM!, #NAME? or #NULL!)
Bentuk penulisan fungsi = ISERROR(VALUE)

untuk pembahasan lebih lanjut tentang penerapan dari fungsi rumus yang telah dijelaskan diatas, dapat anda lihat pada postingan "Mencatat stok barang secara otomatis menggunakan microsft excel"
 Sumber : http://www.dhegallery-computer.com/in/belajar/program-perkantoran/49-knowing-microsoft-excel-functions-part1.html